Menu Tutup

Menggugah Kesadaran Hukum Remaja, Fakultas Hukum gelar Penyuluhan Hukum di SMK 75 Purwokerto

Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyaraka pada hari Selasa 21 Mei 2013. Kali ini pengabdian kepada masyarakat digelar dalam bentuk penyuluhan hukum yang mengambil lokasi di SMK 75 Purwokerto. Acara Penyuluhan Hukum dibuka oleh Kepala Sekolah SMK 75 Purwokerto Drs. Mustaqiem, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan banyak terimaksih atas terselenggaranya Penyuluhan Hukum di SMK 75 Purwokerto dan berharap kerjasama antara Fakultas Hukum dengan SMK 75 dapat terjalin dengan baik.

 

 Sebagai pembicara Pertama dalam penyuluhan hukum ini Dr. SetyaWahyudi, SH, MH mengangkat tema “Perlindungan Anak Korban Pencabulan”, Pembicara kedua Hj.RubyHadiarti Johny, SH,.MH dan Haryanto Dwiatmodjo, SH, M.Hum mengangkat tema agak berbeda yaitu “Penyalahgunaan Narkoba”, sedangkan Pembicara ketiga Dr. Sulistyandari, SH, M.Hum lebih mengusung tema “Ganti Rugi dalam Perkara Perdata”. Dihadiri oleh sekitar 80 siswa dan sebagian guru yang konsisten menyimak dan mengambil bagian dalam penyuluhan hukum ini dari awal hingga akhir. Menurut Setya Wahyudi, tujuan dari penyuluhan hukum ini adalah salah satu kegiatan penyebarluasan informasi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan dengan tujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum pada masyarakat.

   

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Penyuluhan Hukum merupakan rangkaian Dies Natalis Fakultas Hukum UNSOED ke-32 Fakultas Hukum dengan sasaran pihak – pihak yang strategis untuk mengembangkan kesadaran hukum masyarakat dan juga turut andil dalam penyelesaian masalah hukum dalam masyarakat. Di sisi lain juga kegiatan seperti ini merupakan pemberdayaan para dosen Fakultas Hukum agar terbiasa mengambil bagian dalam memperhatikan masyarakat secara professional, sehingga bukan hanya menguntungkan bagi masyarakat namun juga menguntungkan pribadi dari civitas akademika Fakultas Hukum UNSOED. Demikian kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah menjadi salah satu program berkala Fakultas Hukum UNSOED yang dilaksanakan sejak berdirinya fakultas ini dan akan terus dilaksanakan demi kemajuan Ilmu Hukum dan penegakan hukum Indonesia. (Hans)

Posted in Berita