Menu Tutup

Kiprah Mahasiswi Fakultas Hukum dalam ASEAN Youth frienship Network di Vietnam National University

     

  Suatu kebanggaan bagi Arieska Fitriana dan Feby Sabrina Mega dapat menjadi perwakilan Universitas Jenderal Soedirman di kancah Internasional dan turut berupaya menjadi bagian ASEAN Community. Mereka adalah mahasiswi-mahasiswi Fakultas Hukum UNSOED yang telah lolos dalam seleksi dan melakukan kegiatan pertukaran budaya yang diadakan oleh ASEAN Youth Friendship Network (AYFN).

        ASEAN Youth Friendship Network (AYFN) merupakan organisasi pemuda yang fokus pada pertukaran budaya di kalangan pemuda ASEAN, yang berusaha untuk memfasilitasi pemuda ASEAN untuk menjalin persahabatan melalui budaya. Salah satu bentuk pelaksanaannya adalah dengan adanya “Indonesian – Vietnemese Youth Friendship Program”.

      Arieska mengungkapkan bahwa “sebelum pelaksanaan program ini, kami menjalani beberapa proses seleksi yang disyaratkan oleh pihak AYFN. Proses seleksi yang dilakukan anatara lain kemampuan bahasa Inggris (sebagai bahasa kedua), pengetahuan tentang ASEAN Community 2015, kualitas esai pendek, komitmen pelamar, Video introduce. Proses inilah sebagai awal partisipasi kami dalam program pertukaran budaya di Vietnam”.

      Secara keseluruhan, kegiatan dilaksanakan selama tujuh hari yaitu mulai tanggal 19 November 2012 hingga 25 November 2012 dan universitas yang menjadi relasi dalam kegiatan ini adalah Vietnam National University, Hanoi, Vietnam. Dalam program ini, Indonesia bekerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa Vietnam National University dalam pelaksanaan cultural exchange. Beberapa kegiatan menarik yang dilakukan antara lain:

  1. Language exchange yaitu merupakan kegiatan yang mana delegasi Indonesia mempelajari bahasa Vietnam dan begitu pula mahasiswa Vietnam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Lecture on Vietnam History yaitu merupakan kegiatan dimana mahasiswa Vietnam mempresentasikan tentang sejarah dari Vietnam secara garis besar.
  3. Team building among Indonesia students and Vietnam students yaitu merupakan kegiatan dimana delegasi Indonesia dan Vietnam melakukan beberapa game dengan tujuan menciptakan keakraban dan kerjasama tim yang baik.
  4.  Adventure trip to Halong Bay and city tour yaitu merupakan kegiatan ke beberapa tempat rekreasi dan bangunan bersejarah di Vietnam seperti Vietnam Museum Ethnology dan makam tokoh bersejarah Vietnam yaitu Ho Chi Minh.
  5. Cultural exchange yaitu merupakan kegiatan terakhir yang dilaksanakan berupa latihan dan pertunjukan tarian dan musik tradisional Vietnam dan Indonesia.

       Dalam kesempatan lain Feby menuturkan bahwa “Harapan kami, program yang kami ikuti dapat dijadikan sebagai motivasi untuk mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed agar turut berpartisipasi dalam kegiatan lainnya baik culture exchange, international conference maupun kompetisi tingkat Internasional lainnya sehingga dapat mengembangkan kemampuan sebagai seorang mahasiswa yang menjadi penerus bangsa dan membawa nama Fakutas Hukum Unsoed ke ranah national bahkan internasional”. `

     Dengan berpartisipasinya mahasiswa Unsoed khususnya Fakultas Hukum, tidak hanya menciptakan hubungan internasional tetapi juga mempererat persaudaraan antar universitas nasional lainnya seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Surabaya juga menjadi delegasi dalam program ini. (Hans)

Posted in Berita