Menu Tutup

HMPA Yudhistira selenggarakan Diksar ke-XXI

Pendidikan Dasar HMPA Yudhistira yang selanjutnya disebut dengan PDY, ditujukan bagi mereka yang berminat untuk menjadi anggota HMPA Yudhistira. PDY adalah satu-satunya media dimana setiap calon-calon anggota HMPA Yudhistira harus melaluinya terlebih dahulu. Sesuai dengan tujuan didirikannya Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Yudhistira Fakultas Hukum UNSOED yaitu menambah pengalaman dan ketrampilan anggota HMPA Yudhistira khususnya dan Mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED pada umumnya dalam menghadapi tantangan hidup di alam terbuka serta mengabdi kepada lingkungan hidup.

     Sebelum calon anggota berlatih di lapangan yang penuh dengan tantangan, maka untuk mengantisipasi yang mungkin dapat terjadi, HMPA Yudhistira bermaksud membekali para calon anggota dengan pengetahuan dan dasar hidup di alam terbuka serta pengabdian terhadap lingkungan hidup yang memiliki berbagai aspek yang komplek. Pendidikan Dasar HMPA Yudhistira.

     Pendidikan Dasar HMPA Yudhistira terdiri dari beberapa tahapan yaitu : Tahapan Pembekalan adalah penyampaian berbagai teori meliputi Persiapan Perjalanan, Kesehatan Perjalanan, PPPK, Navigasi Darat, Botani dan Zoologi Praktis, Survival, Panjat Tebing dan Turun Tebing, Tali Temali, Analisis Sosial, Search And Rescue, Explorer Search And Rescue (SAR,ESAR), Mountaineering, Keorganisasian, dan lain-lain. Adapun pelaksanaannya di Kampus Fakultas Hukum UNSOED pada tanggal 15-16 Desember 2012, Tahapan Orientasi Medan adalah pelaksanaan teori (Aplikasi Materi) di Lereng Selatan Gunung Slamet yang dilaksanakan pada tanggal 21-25 Desember 2012.

       Pendidikan Dasar HMPA Yudhistira dilaksanakan dengan bimbingan dan pengawasan yang intensif serta sangat khas dari para pelatih. Dalam hal ini pelatih hanya berfungsi sebagai pengantar dan pembimbing, sedangkan yang mendidik para calon anggota Yudhistira adalah alam sendiri. PDY XXI HMPA Yudhistira menghasilkan anggota muda sebanyak 3 orang dengan nama angkatan “WADAS SEMURUP”, antara lain Muhammad Sigit Bahtiar, Pudja Dewi dan Aditya Hendri.

      Ketua Umum HMPA Yudhistira menuturkan bahwa “Semua kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan semua pihak, mulai dari ilmu kepencintaalaman, pengalaman-pengalaman, dan keseriusan pihak-pihak yang membantu kelancaran kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan kalian semua. SALAM LESTARI…!!”. (Hans)

Posted in Berita