Menu Tutup

Sosialisasi Aplikasi Program Penghitungan Beban Kerja Dosen

Dalam rangka Evaluasi Kinerja dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi program penghitungan beban kerja dosen kepada para dosen  bertempat di Ruang Vicon Gedung justitia 3 Fakultas hukum UNSOED  pada hari Senin  3/9/2012.  Acara  tersebut dipandu oleh Drs. Sigit Wibowo DN, MM dan Dr. Ir. Petrus Hari Tjahya, MS dari LP3K UNSOED.
Dalam penyampainya bahwa tugas utama dosen adalah mentransformasi, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.  Pelaksanaan tugas dossen tersebut perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan .  Menindaklanjuti sosialisasi evaluasi beban kerja dosen yang pernah di selenggarakan maka untuk memperlancar pelaksanaannya perlu diberikan pelatihan penggunaan aplikasi perhitungan beban kerja dosen.  Pelatihan ini untuk  membekali para dosen  memahami tata cara penetapan dan pengisian beban kerja dosen dan evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
Drs. Sigit Wibowo DN, MM didampingi  Dr. Ir. Petrus Hari Tjahya, MS dari LP3K UNSOED memaparkan bahwa secara lengkap tata cara penyusunan laporan kinerja dosen dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu (1) laporan dosen, yaitu laporan yang dibuat oleh dosen dan (2) laporan seksi data dan informasi, yaitu laporan yang dibuat oleh seksi data dan informasi pada perguruan tinggi yang bersangkutan.  Program untuk dosen yang melaporkan disebut Laporan Kinerja dosen, sementara program lain diperuntuk bagi seksi data dan informasi di Fakultas. Untuk memulai mengerjakan program perhitungan beban kerja dosen, maka dosen dapat memulai membuka program dengan nama file beban kerja.  Selanjutnya  mengisi data dimulai dari proses pengisian identitas diri pada form yang telah disediakan dilanjutkan dengan pengisian kinerja yang terkait dengan bidang pendidikan, penelitian dan tridharma perguruan tinggi. (MH)  
Posted in Berita