Menu Tutup

Seminar Nasional Sinergi Kejaksaan Dan Kementerian BUMN

Kamis, 16 Mei 2024, Fakultas Hukum Unsoed selenggarakan Seminar Nasional bersama Kejaksaan Agung dan Kementerian BUMN dengan topik “Sinergi Kejaksaan Agung RI dan Kementerian BUMN guna Optimalisasi Pengelolaan BUMN” bertempat di Graha Adhyaksa – Aula Prof. ST. Burhanuddin . Seminar ini merupakan rangkaian agenda Diesnatalis Ke-43 FH Unsoed.

Jaksa Agung Prof. Dr. ST. Burhanuddin, S.H., M.H. yang juga merupakan Guru Besar di Fakultas Hukum Unsoed bertindak sebagai Keynote Speaker dalam seminar ini. Narasumber dalam seminar ini adalah DR. Amir Yanto, S.H., M.M., M.H., CGCAE (Kepala Badan Pemulihan Aset Kejagung), Prof. Dr. Kadar Pamuji, S.H., M.H. (Wakil Dekan II dan Guru Besar FH Unsoed), Dr. Narendra Jatna, S.H., L.LM (Staf Ahli Bidang EkoSosBud Kejagung), dan Bapak Robertus Billitea (Deputi Hukum dan PerUUan Kementerian BUMN).  Moderator dalam seminar ini adalah Dr. Tedi Sudrajat, S.H., M.H. (Wakil Dekan Fakultas Hukum Unsoed).

Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.Hum selaku Wakil Rektor II Unsoed sekaligus Plh Dekan FH Unsoed menyampaikan bahwa topik seminar ini sangat relevan dengan perkembangan hukum pidana belakangan ini. Berbagai kasus yang ditangani Kejaksaan Agung belakangan ini cenderung mengadopsi konsep asset recovery sehingga penegakan hukum tidak berorientasi pada represif tetapi juga menonjolkan keadilan restoratif.

Jaksa Agung dalam seminar ini menyampaikan bahwa dalam sinergitas ini Kejaksaan Agung memiliki kelebihan tidak hanya melakukan upaya represif melalui penegakan hukum, tetapi setelahnya dilakukan upaya preventif melalui masukan perbaikan tata niaga yang dilakukan oleh bidang perdata dan tata usaha negara (Datun). Secara filosofis, pemerintah dalam bidang ekonomi melakukan tugas untuk mewujudkan kesejahteraan sosial yang merata, upaya ini terwujud dalam kinerja BUMN.  Salah satu sinergi yang diharapkan dengan Kementerian BUMN adalah pengelolaan terhadap aset yang disita sehingga menghindari kondisi terbengkalai ketika aset tersebut dikembalikan kepada negara.

Animo dari peserta terlihat antusias, terlihat dari varaiatifnya kehadiran para peserta luring, tidak hanya dihadiri oleh sivitas akademika tetapi juga berbagai kantor Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, dan Cabang Kejaksaan Negeri. Seminar ini disenggarakan secara blended, tercatat peserta luring mencapai lebih dari 750 partisipan mengikuti agenda ini.

Dalam kesempata ini juga, Jaksa Agung Prof. Dr. ST. Burhanuddin, S.H., M.H. menyempatkan mengunjungi dan meninjau fasilitas Fakultas Hukum Unsoed, terutama di Gedung Graha Adhyaksa. Gedung ini merupakan fasilitas yang berfungsi sebagai Gedung Pasca Sarjana dan Ruang Guru Besar di Fakultas Hukum Unsoed. Program studi yang dikelola operasionalisasinya di Gedung ini adalah Magister Hukum, Magister Kenotariatan, dan Program Doktor.

Fakultas Hukum Unsoed, Humanis dan Berkarakter!

Posted in Berita