Menu Tutup

Fakultas Hukum Meraih Juara IV Lomba Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia 2012

Tim Debat Hukum Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih juara keempat dalam ajang Lomba Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi. Anggota tim tersebut terdiri dari Agnes Harvelian, Firman Nugraha , dan Wisnu Nugroho dengan Tim Riset yaitu Hilman Maulana Yusuf  dan Lia Nur Jannah. Dengan Bekal Pendalaman materi serta praktek debat selama beberapa bulan dibawah bimbingan dosen Tedi sudrajat ,SH, MH Tim Debat Hukum Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman lolos dari Regional III dan ditingkat Nasional berhasil meraih Juara Empat. Acara berlangsung pada tanggal, 22-25 Juni 2012 di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Jakarta.
 
Mahkamah Konstitusi yang lahir dari reformasi perlu diketahui masyarakat. Berbagai sarana digunakan, namun MK senantiasa mensosialisasikan perubahan konstitusi dan membangun budaya sadar berkonstitusi. Konstitusi sebagai hukum tertinggi perlu diketahui segala lapisan masyarakat, terutama kalangan civitas akademika. Civitas akademika merupakan pilar pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu, keberadaannya menempati posisi penting turut mendorong dan meningkatkan kemampuan mahasiswa menjelaskan pasal-pasal konstitusi yang berubah.
 
Dalam rangka itu semua dan untuk mengembangkan budaya perbedaan pendapat secara konstruktif, MK tahun ini mengadakan “Lomba Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia 2012”. Kegiatan ini bekerja sama dengan fakultas hukum universitas se-Indonesia. Tahun ini sudah kelima kalinya. Lomba Debat Konstitusi 2012 kali ini dibagi melalui dua tahapan, yaitu pada tingkat regional sebagai seleksi untuk menuju tingkat nasional dan pada tingkat nasional yang pesertanya terdiri atas semifinalis Lomba Debat Konstitusi Regional 2011. Untuk temanya sendiri adalah seputar isu-isu menarik mengenai MK, masalah hukum dan ketatanegaraan. Sebagai lembaga negara yang bertugas mengadili perkara konstitusi, sudah menjadi komitmen MK untuk bertanggung jawab menumbukan budaya sadar berkonstitusi melalui berbagai macam kegiatan, antara lain juga melalui penelitian-penelitian. Maksud dan latar belakang diselenggarakannya lomba debat konstitusi, adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa atau civitas akademik terhadap isi konstitusi.

Semangat Untuk Fakultas Hukum. (MH) 

Posted in Berita