Menu Tutup

Penarikan Peserta Magang MBKM Semester Genap 2022/2023

Kamis 22 Juni 2023, Fakultas Hukum Unsoed menyelenggarakan Penarikan mahasiswa dalam Program Magang MBKM Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023, bertempat di Auditorium Prof. ST. Burhanuddin pada pagi hari. Gelaran ini merupakan penutup dari kegiatan magang yang telah dimulai sejak Februari 2023. Selama tiga bulan, mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed menjalani kegiatan magang secara intens di Lembaga Penegak Hukum, Instansi Pemerintah, Perusahaan, Kantor Advokat, dan Kantor Notaris/PPAT.  Turut hadir dalam acara ini yaitu Kejaksaan Negeri Purwokerto, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas, Bank Syariah Indonesia Purwokerto, dan Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas. Dr. Sri Wahyu Handayani, S.H., M.H. selaku Ketua Tim Magang menyampaikan 155 mahasiswa terlibat magang di 31 lokasi berbeda, program ini dilaksanakan 6 Maret 2023 sampai dengan 16 Juni 2023. Kemudian Prof. Dr. Muhammad Fauzan, SH., M.Hum selaku Dekan mengucapkan terima kasih atas kesediaan mitra magang yang telah memberikan pengetahuan dan wawasan berbasis praktek bagi mahasiswa Kami. Mudah-mudahan interaksi dengan mahasiswa dapat terus berlanjut meskipun program magang telah selesai.

Dalam agenda ini, disampaikan juga respon pelaksanaan magang dari mitra magang. Bapak Triyanto, S.H., M.H. mewakili Kejaksaan Negeri Purwokerto menyampaikan mahasiswa telah merasakan praktek langsung bekerja membantu jaksa, Kami yakin mahasiswa telah banyak mendapatkan wawasan dan bahkan telah mengerti beberapa peristilahan di lingkungan kejaksaan. Cahyeti Riani SH mewakili Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta yang juga merupakan Alumni menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Fakultas Hukum Unsoed kepada PTUN Yogyakarta. Para mahasiswa telah berkontribusi dengan baik dalam tugas pelayanan pengadilan dan telah memahami praktek hukum acara peradilan tata usaha negara, Kami bahkan melibatkan dalam prakter persidangan seperti pemeriksaan pendahuluan. Nathalie Prasetya Putri mewakili mahasiswa magang menyampaikan kesannya juga dalam magang ini, menurutnya mahasiswa mendapatkan pengalaman praktek bekerja yang tidak didapatkan di ruang-ruang perkuliahan. Pengalaman paling berkesan di Kejaksaan Negeri Purwokerto yang saya dan teman-teman rasakan, Kami tidak hanya memahami tupoksi kejaksaan sebagai Lembaga penuntutan dan datum, tetapi juga proses penyelidikan dan penyidikan tipikor.

Pada akhir seremoni penarikan ini, secara simbolis Dekan menyerahkan kenang-kenangan kepada Kejaksaan Negeri Purwokerto mewakili mitra dan Dekan menerima Laporan Akhir Magang dari mahasiswa. Selain itu, disampaikan juga hasil kompetisi video magang yang dimenangkan oleh Kelompok Mahasiwa di Pengadilan Negeri Purbalingga. Magang MBKM akan terus berlangung dalam rangka mengimpelementasikan Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, semoga program ini senantiasa memberikan manfaat dan mendekatkan mahasiswa dengan dunia praktek.

Posted in Berita