Menu Tutup

LAW JOURNAL CENTER FAKULTAS HUKUM UNSOED ADAKAN PELATIHAN MENULIS ARTIKEL JURNAL

Law Journal Center Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto mangadakan acara Pelatihan Menulis Artikel Jurnal (03/05/2024) di bidang hukum bagi mahasiswa/i tingkat akhir. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 31 orang mahasiswa/i  yang sedang dalam proses penulisan skripsi. Adapun kegiatan ini bertujuan dalam melatih keterampilan  dan kecakapan menulis karya ilmiah. Narasumber berasal dari pengelola Law Journal Center dan merupakan dosen Fakultas Hukum Unsoed, Dwiki Oktobrian, S.H., M.H.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan bidang akademik Fakultas Hukum Unsoed, Dr. Tedi Sudrajat, S.H., M.H. yang dalam kata sambutannya mengapresiasi acara pelatihan tersebut dan sangat mendukung diadakannya acara pelatihan penulisan artikel ilmiah dan diharapkan dapat membantu mahasiswa/i tingkat akhir dalam memahami cara menentukan jurnal apa yang akan menjadi target submit nantinya.

Narasumber juga menyampaikan dan memaparkan cara menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar serta menjelaskan pentingnya menulis artikel ilmiah, karena sebagai wadah antara peneliti dan pembaca, sebagai bentuk kontribusi terhadap kemajuan IPTEK dan promosi diri sebagai ilmuwan yang ahli di bidangnya. Selain itu, narasumber juga menyampaikan bahwa mahasiswa dan dosen dapat bekerjasama berkolaborasi dalam membuat artikel ilmiah yang dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dalam bentuk tugas mata kuliah mahasiswa, tugas akhir mahasiswa dan makalah mahasiswa. Selain itu keuntungan bagi dalam menulis artikel jurnal ialah akan lebih membuka wawasan di bidang ilmu pengetahuan, sebagai modal awal untuk menjadi seorang dosen/peneliti.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, tampak dari sesi tanya jawab yang banyak diajukan pertanyaan oleh mahasiswa terkait “apa itu jurnal? mengapa harus menulis jurnal? karakteristik artikel yang dibutuhkan di jurnal? apa saja tools yang diperlukan? (Turnitin, Mendeley), dll.

Posted in Berita