Laboratorium Hukum selenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Hukum

Versi ramah cetakPDF version

Selasa(22/03) Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Unsoed selenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Pendidikan Hukum dalam Membentuk Profesionalisme Penegak Hukum Sistem Peradilan Pidana.” Yang bertempat di Aula Gedung Justicia 3 Fakultas Hukum Unsoed. Narasumber yang didatangkan adalah dari Karobankum Mabes POLRI, Brigjen. Polisi Dr. Bambang Usadi, MM; Ketua Bidang Kajian Hukum dan Perundang-Undangan DPN Peradi, Nikolas Simanjuntak, SH.,M.H; Hakim Pengadilan Negeri Purwokerto, Anteng Supriyo, SH.,M.H;, Guru Besar Hukum Acara Pidana Fakultas Hukum, Prof. Hibnu Nugroho, SH.,M.H. dan Kepala Bapas Purwokerto Hardi Widioso, S.H.,M.Si.

Seminar Nasional dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Angkasa, S.H.,M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal bagi mahasiswa, akademisi maupun peserta yang mewakili praktisi. Utamanya untuk memberi masukan dan pemahaman sesuai dengan fungsi Laboratorium Hukum. “Keberadaan Lab. Hukum diibaratkan sebagai jantung di Fakultas Hukum yang menjadi sarana bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian, praktik dan menambah kemahiran dalam ilmu hukum”, ungkapnya.

Moderator dalam sesi pertama adalah Dr. Noor Aziz Said, SH., MS yang diisi oleh pembicara Brigjen. Polisi Dr. Bambang Usadi, MM., dan Nikolas Simanjuntak, SH.,M.H., yang masing-masing membawakan materi Strategi Manajemen Penyidikan POLRI dan Peran Pendidikan Hukum dalam Menghadapi Tantangan Penegakan Hukum pada Era Demokratisasi dan HAM, serta materi Pendidikan Hukum untuk Advokat Profesional. Dalam sesi kedua ketua panitia Dr. Budiyono SH., M.Hum. menjadi moderator Anteng Supriyo, SH.,M.H, Prof. Hibnu Nugroho, SH.,M.H. dan Hardi Widioso, S.H.,M.Si., Para peserta sangat puas dengan pemaparan para pembicara dan juga sangat antusias terbukti dengan adanya banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara. Acara berakhir pada pukul 16.00.