Menu Tutup

Tingkatkan kemampuan riset dan publikasi Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Hukum selenggarakan Workshop

Penelitian hukum dan penulisan artikel ilmiah merupakan kekhasan dalam jenjang studi perkuliahan, terutama dalam jenjang magister dan doktor. Publikasi hasil penelitian atau artikel ilmiah menjadi syarat menyelesaikan studi sebagaimana kebijakan dari sistem pendidikan tinggi, secara substantif bahkan hal ini menjadi roh dalam pendidikan tinggi. Ilmu pengetahuan termasuk ilmu hukum berkembang dalam berbagai literatur melalui penelitian sehingga berbagai novelti atau kebaruan menjadi mungkin untuk terjadi. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan didiseminasikan melalui sarana publikasi berbentuk jurnal, tidak hanya untuk dibaca oleh para akademisi tetapi juga dapat dibaca oleh publik.

Fakultas Hukum pada 5 Mei 2023 menyelenggarakan Workshop Penelitian Hukum dan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Pascasarjana, hadir sebagai peserta kegiatan ini adalah mahasiswa magister hukum, mahasiswa magister kenotariatan, dan mahasiswa program doktor hukum. Workshop ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Irwansyah, S.H., M.H. Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Beliau merupakan editor in chief Hasanuddin Law Review, suatu jurnal yang telah berhasil terindeks scopus dalam quartile 2 (Q2) dan menempati peringkat pertama di Indonesia sekaligus di Benua Asia.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum menyampaikan workshop ini diharapkan dapat memantik peningkatan keterampilan mahasiswa pascasarjana untuk dapat memenuhi kewajiban publikasi sekaligus meningkatkan kemampuan melakukan riset. Worskhop ini juga diharapkan diselenggarakan tidak hanya sekali saja, agar kemampuan riset dan publikasi dapat terus diasah secara berkesinambungan.

Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H. adalah penulis buku “Penelitian Hukum: Pilihan Metode dan Praktek Penulisan Artikel”, karya ini merupakan literatur rujukan yang penting di berbagai program doktor hukum. Pembeda buku ini terdapat pembahasan khusus tentang penulisan artikel berbasis penelitian dan strategi publikasi artikel, yang belum dibahas di buku sejenis. Dalam paparannya, beliau menyampaikan tentang bagaimana perbedaan tesis dan disertasi dan bagaimana menyusun karya tulis yang layak disebut sebagai tesis dan disertasi. Selain itu, diulas juga tentang bagaimana menyusun naskah hasil penelitian ataupun naskah konseptual yang dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi.

Maju Terus Pantang Menyerah, Fakultas Hukum Unsoed!

Posted in Berita