Menu Tutup

Mahsiswa FH Unsoed Raih best paper dalam BRAUSC Call For Essay Competition/  Brawijaya Undergraduate Student conference Essay Competition

Pusat Prestasi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman dengan bangga mengumumkan bahwa Eneng Anisyah (E1A022111) pada Februari-Maret 2024 mewakili Fakultas Hukum Unsoed dalam kompetisi Brawijaya Undergraduate Student Conference Essay Competition, kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakanProdi Hubungan Internasional Universitas Brawijaya berkolaborasi Dengan Japan Foundation. Setelah melewati tahap seleksi paper pada bulan Februari, paper Eneng yang berjudul “Crimes and Office: How Past Human Rights Violations Shaped Ongoing Democracy in Japan and Indonesia as Constitutional States” terpilih sabagai salah satu best paper yang kemudian diperesentasikan pada 6 Maret 2024 dan dibukukan setelah pengumuman pemenang dilaksanakan.   Prestasi ini bukan diraih tanpa kerja keras, namun kekhawatiran akan isu hak asasi manusia dan pergolakan politik menjelang pemilu di tanah air menjadi komponen dominan pada proses penulisan paper ini.   “Riset yang dilakukan dalam proses penyusunan paper ini bisa digambarkan dalam satu kata: passion. Membaca puluhan jurnal, buku, artikel, serta arsip kenegaraan dan kian menemukan informasi yang dicari dan lebih—berdiskusi dengan kawan-kawan yang juga peduli akan pelanggaran ham berat, ada sirkulasi yang tercipta sendiri dari pertukaran informasi selama drafting hingga paper ini terbentuk. Pula persamaan-persamaan yang dimiliki Indonesia dan Jepang dalam menangani pelanggaran HAM berat—terstruktur, sistematis, dan masif. Bagaimana para penjahat perang malah kembali berada pada wajah kekuasaan negara. Jepang dengan Perang Dunia II dan Indonesia dengan Tragedi 65 dan Kerusuhan 98. Masyarakat masing-masing negara menuntut dan memproses kasus-kasus tersebut secara mandiri dalam International People’s Tribunal (IPT) sebagai bentuk kekecewaan akan lemahnya penegakan hukum pada penjahat HAM terkait. Saya menulis paper ini karena saya peduli.” Ujar Eneng.   Rani Hendriana, S.H., M.H selaku ketua Pusat Prestasi Fakultas Hukum Unsoed, sangat mengapresiasi pencapaian Eneng , “ini tidak hanya sangat membanggakan insitusi tapi juga menjadi titik balik kebangkitan prestasi lomba esssay internasional mahasiwa Fakultas Hukum Unsoed”.

Lebih lanjut Dr. Kartono, S.H., M.H selaku Wakil Dekan Bidang III Fakultas Hukum Unsoed, mengucapkan selamat kepada Eneng dan berharap pencapaian ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya dalam lomba essay tingkat nasional dan internasional.

Posted in Berita