Menu Tutup

International Students Gathering UNSOED-USIM

Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan Internasional Students Gathering dengan Universiti Sains Islam Malaysia pada Sabtu, 2 Maret 2024 di Aula Justitia 3 Fakultas Hukum Unsoed.   Tema acara tersebut adalah “Knowledge and Cultural Exchange to Strengthen Cooperation”. Internasional Students Gathering diikuti oleh mahasiswa kelas internasional dari Fakultas Hukum Unsoed dan Fakultas Syariah dan Undang- Undang USIM.

Acara dibuka dengan laporan dari ketua pelaksana Internasional Students Gathering sekaligus ketua Pengelola program Sarjana Hukum Kelas Internasional yaitu Assoc. Prof Dr. Aryuni Yuliantiningsih, S.H., M.H dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Hukum USIM Assoc.Prof Dr. Mohd Hazmi Rusli, dan yang terakhir sambutan dari Wakil dekan 1 bidang akademik Fakultas hukum Assoc.Prof Dr. Tedi Sudrajat,S.H., M.H.

Inti dari pelaksanaan Internasional Students Gathering sesuai dengan tema yang digaungkan adalah Transfer pengetahuan antara mahasiswa fakultas hukum Unsoed dengan mahasiswa fakultas hukum USIM dengan topik perbedaan antara sistem hukum di Indonesia dengan Malaysia. Pembicara dalam kegiatan tersebut diwakili oleh mahasiswa dari kedua universitas. Fakultas Hukum Unseod diwakili oleh Deris Farhan Rusdiana sedangkan Fakultas Hukum USIM diwakili oleh Fawwaz Abdurrahman Bin Masni Shahril yang dimoderatori oleh Tawang Gendewa Alam. Tidak hanya transfer pengetahuan tetapi terdapat pula pengenalan  budaya  di Malyasia dan di Indonesia. Pengenalan budaya dilakukan dengan menampilkan Pencak silat Malaysia dan Indonesia. Terdapat pula pengenalan permainan tradisional  Malaysia kepada mahasiswa yaitu batu Seremban dan Dam Haji. Mahasiswa peserta Internasional Students Gathering sangat bersemangat dan antusias dengan adanya acara tersebut.

Kegiatan ini menjadi sarana belajar antara mahasiswa dikedua negara, untuk lebih mengenal hukum serta budaya masing-masing negara. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini akan mempererat jalinan persaudaraan antara mahasiswa serta menciptakan kolaborasi diantara mahasiswa peserta Internasional Students Gathering. Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman dalam mencapai visi fakultas yakni  Unggul dalam penyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu hukum yang berbasis pada kearifan lokal dan berdaya saing global.

Fakultas Hukum Unsoed, Berkarater dan Humanis!

Posted in Berita