Menu Tutup

General Lecture “Ukraine VS Russia War and International Criminal Court”

International Undergraduate Program Fakultas Hukum UNSOED menyelenggarakan General Lecture “International Law” (Issue of Ukraine vs Russia and International Criminal Court) bersama Dr. Fareed Mohd Hassan

Konflik yang terjadi di wilayah Ukraina dan Rusia merupakan sebuah bentuk permasalahan internasional yang menarik untuk dikaji terutama hubungannya dengan peran dari  International Criminal Court (ICC) sebagai lembaga keadilan di tingkat internasional. Sebagai bentuk dari kontribusi Fakultas Hukum UNSOED dalam mencerdaskan bangsa terhadap berbagai isu di tingkat global melalui peningkatan pemahaman dan kesadaran dalam permasalahan internasional,  maka diadakan General Lecture yang  berlangsung pada Selasa 6 Juni 2023 di Auditorium Prof. ST. Burhanuddin. Fakultas Hukum UNSOED mengundang Dr. Fareed Mohd Hassan dari Faculty of Syariah and Law, Universiti Sains Islam Malaysia sebagai invited speaker, beliau sendiri merupakan akademis yang memiliki keahlian dalam bidang pembahasan kajian hukum pidana internasional, dan telah memiliki banyak publikasi atas pemikirannya di berbagai jurnal bereputasi di tingkat global.

Pembukaan dibuka oleh sambutan dari Koordinator International Undergraduate Program Dr. Aryuni Yuliantiningsih, S.H., M.H. yang menyampaikan rasa syukur atas dapat terselenggaranya General Lecture secara luring, mengingat di 2 tahun sebelumnya perkuliahan kerap berlangsung secara daring dikarenakan wabah Covid-19.  Sambutan dilanjutkan oleh Wakil Dekan I Fakultas Hukum UNSOED Dr. Tedi Sudrajat, S.H., M.H. yang menyampaikan akan pentingnya kajian isu dari Ukraine vs Russia sebagai bentuk pengembangan pengetahuan secara up-to-date dari mahasiswa hukum, sekaligus beliau mengatakan akan penyelenggaran General Lecture ini merupakan bentuk pengguatan kerjasama internasional antara Fakultas Hukum UNSOED dengan Faculty of Syariah and Law USIM.

Moderator dari iGeneral Lecture sendiri dilakukan oleh salah satu dosen Hukum Internasional dari FH UNSOED yakni Wismaningsih S.H, M.H. Pada General Lecture ini Dr. Fareed Mohd Hassan menekankan akan pentingnya untuk mengetahui sejarah dunia dalam melakukan kajian terhadap sebuah kasus pidana internasional, termasuk dalam permasalahan yang terjadi di Ukraina dan Russia. Beliau kemudian menyampaikan akan latar belakang dari tujuan didirikannya International Criminal Court, sebagai bentuk dari proses penegakan keadilan terhadap pelanggaran berat yang dilakukan oleh tokoh-tokoh yang selama ini memiliki immunitas atau kekebalan hukum.

General Lecture ditutup dengan diadakannya sesi tanya jawab dari peserta acara baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen dengan mengangkat topik akan hukum pidana internasional. Sesi tanya jawab sendiri berlangsung dengan antusiasme baik dari peserta maupun Dr. Fareed Mohd Hassan dalam mendiskusikan berbagai permasalahan seperti potensi terjadinya Perang Dunia ke-3, penjatuhan arrest warrant kepada pimpinan Rusia, hingga konsep fundamental akan hukum perang. Fakultas Hukum UNSOED berkomitmen secara konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis dalam rangka meningkatkan memberikan pelayanan akademik yang optimal bagi mahasiswa, terutama menjadi bagian dari gerakan meningkatkan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Maju Terus Pantang Menyerah, Fakultas Hukum Unsoed!

Posted in Berita, News