Menu Tutup

FH Unsoed Selenggarakan Seminar Bersama Bappenas

Jumat, 18 Oktober 2024. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama dengan Fakultas Hukum Unsoed selenggarakan agenda seminar dengan tema Transformasi Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia Dalam Mendukung Pembangunan Jangka Panjang. Gelaran ilmiah ini dilaksanakan pukul 14.00 wib bertempat di Aula Prof. ST. Burhanuddin, Graha Adhyaksa. Kemeriahan terlihat dari banyaknya unsur peserta yang hadir, seperti dosen, mahasiswa, keluarga alumni, dan tamu undangan lainnya.

Pada awal acara, diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Fakultas Hukum Unsoed dengan Bappenas berkaitan dengan pengembangan tri dharma perguruan tinggi. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum menyampaikan transformasi pendidikan tinggi hukum di Indonesia dilaksanakan oleh Fakultas Hukum sebagai garda terdepan. Pendidikan hukum harus mampu secara responsif untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga lulusannya dapat menjadi agen perubahan zaman.

Dewo Broto Joko Putranto, S.H., LL.M (Direktur Hukum dan Regulasi Bappenas) bertindak sebagai keynote speaker, memaparkan temuan awal Bappenas bahwa Pendidikan Tinggi Hukum di Indonesia mengalami berbagai kemajuan seperti semakin baiknya fasilitas belajar mengajar, meningkatnya kualitas pengajar dengan exposure pendidikan luar negeri, pengalaman internasional, dan meningkatnya jumlah riset dan publikasi. Namun demikian, terdapat beberapa persoalan mengenai ketidakseragaman kurikulum, tingginya beban kerja dosen, peningkatan kuantitas publikasi yang belum linear dengan kualitasnya, dan adanya tata kelola perguruan tinggi yang belum direvisi meski telah berlaku sangat lama.

Narasumber dalam kegiatan ini diisi oleh Tanti Dian Ruhama, S.H., M.H. (Koordinator Bidang Pembangunan Hukum dan HAM), Dr. Tedi Sudrajat, S.H., M.H. (Wakil Dekan Bidang Akademik), dan Nain Deo N. Simanjuntak (Mahasiswa). Sesi diskusi berlangsung antusias dengan bermunculannya pertanyaan-pertanyaan kritis yang direspon dengan baik oleh ketiga narasumber dengan perspektifnya masing-masing. Kegiatan ilmiah ini akan terus berlangsung dan dikembangkan di Fakultas Hukum Unsoed, dalam rangka partisipasi aktif dari institusi untuk terlibat dalam transformasi pendidikan tinggi hukum di Indonesia.

Fakultas Hukum Unsoed, Humanis dan Berkarakter!

Posted in Berita