Menu Tutup

Fakultas Hukum Unsoed gelar Sosialisasi Aplikasi Program Penghitungan Beban Kerja Dosen

   Dalam rangka Evaluasi Kinerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi program penghitungan beban kerja dosen kepada para dosen bertempat di Ruang Vicon Gedung Justitia 3 Fakultas Hukum UNSOED pada hari Kamis, 25 Juli 2013. Acara tersebut dipandu oleh Dr. rer. nat. Imam Widhiono MZ., M.S dan Dr. Ir. Petrus Hari Tjahya, MS dari LP3K UNSOED.

  Dalam penyampainya bahwa tugas utama dosen adalah mentransformasi, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan tugas dosen tersebut perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Nomor 11 Tahun 2013 Tentang Evaluasi Beban Kerja Dosen. Menindaklanjuti sosialisasi evaluasi beban kerja dosen yang pernah di selenggarakan maka untuk memperlancar pelaksanaannya perlu diberikan pelatihan penggunaan aplikasi perhitungan beban kerja dosen. Pelatihan ini untuk membekali para dosen memahami tata cara penetapan dan pengisian beban kerja dosen dan evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

     Dr. rer. nat. Imam Widhiono MZ., M.S didampingi Dr. Ir. Petrus Hari Tjahya, MS dari LP3K UNSOED memaparkan bahwa secara lengkap tata cara penyusunan laporan kinerja dosen yaitu Dosen membuat laporan beban kerja secara periodik. Laporan beban kerja ini memuat semua aktivitas tridharma perguruan tinggi yang telah dilakukan dosen tersebut dan meliputi dharma pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan aktivitas penunjang lainnya. Untuk Guru Besar ditambah dengan kewajiban khusus. Pendampingan bagi dosen untuk menyusun laporan beban kerja dapat diatur pimpinan fakultas apabila dibutuhkan. Selanjutnya mengisi data dimulai dari proses pengisian identitas diri pada form yang telah disediakan dilanjutkan dengan pengisian kinerja yang terkait dengan bidang pendidikan, penelitian dan tridharma perguruan tinggi. (Hans)

Posted in Berita