Menu Tutup

Webinar Bagian Hukum Acara: Peran Justice Collaborator Dalam Pengungkapan Tindak Pidana Pembunuhan “FS”

Webinar Bagian Hukum Acara: Peran Justice Collaborator Dalam Pengungkapan Tindak Pidana Pembunuhan “FS”

Bagian Hukum Acara Fakultas Hukum Unsoed menaruh perhatian penting terhadap kasus pembunuhan fenomenal yang melibatkan “FS”, saat ini kasus tersebut sedang berlangsung persidangannya dan diliput berbagai media massa sehingga menjadi perhatian publik. Fenomena kasus tersebut dianalisis dalam forum ilmiah melalui webinar pada hari Kamis 27 Oktober 2022 dengan topik Peran Justice Collaborator Dalam Pengungkapan Tindak Pidana Pembunuhan “FS”. Webinar ini berlangsung dari jam 08.30 sampai dengan 11.30 WIB yang diselenggarakan secara daring melalui zoom cloud meeting dan disiarkan secara live melalui kanal youtube Fakultas Hukum Unsoed. Antusias para peserta muncul dari jumlah partisipan zoom mencapai 388 peserta, yang terdiri dari mahasiswa, masyarakat umum, bahkan terdapat partisipan berasal dari Negara Kanada. Webinar ini dibuka oleh Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Unsoed, Dekan menyampaikan apresiasinya terhadap Bagian Hukum Acara Pidana yang secara antusias turut melibatkan diri dalam mendiskusikan secara ilmiah mengenai kasus yang belakangan ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat Indonesia.

Terdapat 3 narasumber dalam webinar kali ini, berasal dari Unsur Fakultas Hukum Unsoed, Unsur Pemerhati Kepolisian, dan Unsur Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Prof. Dr. Hibnu Nugoho, S.H., M.H. selaku Guru Besar Fakultas Hukum Unsoed yang juga merupakan Pakar Hukum Acara Pidana kenamaan bertindak sebagai narasumber pertama yang memaparkan konstruksi saksi mahkota dalam persidangan kasus FS. Paparan ini kemudian dilanjutkan oleh Komjen (purn). Drs. Ito Sumardi Djunisanyoto, S.H., M.B.A,. M.M,. M.H. yang merupakan mantan Kabareskrim, yang mampu memantik pemahaman lebih kontekstual terhadap pengukapan kasus tersebut. Paparan ini diakhiri oleh narasumber Edwin Partogi Pasaribu, S.H.,, M.H. selaku Wakil Ketua LPSK yang menyampaikan tentang Perlindungan terhadap Saksi Pelaku / Justice Collaborators”.

Webinar yang dimoderatori Weda Kupita, S.H., M.H. yang juga merupakan dosen pada Bagian Hukum Acara nampak terlihat antusias dengan banyaknya pertanyaan dalam sesi diskusi. Masing-masing narasumber memberikan pencerahannya terhadap pertanyaan tersebut sehingga kasus yang diulas dapat dinilai dengan lebih objektif dan komprehensif. Webinar serupa akan terus diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Unsoed, mari terus simak webinar-webinar berikutnya untuk mendapatkan wawasan ataupun pengetahuan hukum dalam rangka membangun kesadaran hukum secara kolektif.

Maju terus Fakultas Hukum Unsoed!

Posted in Berita