Menu Tutup

Praktisi Mengajar Bersama BSI KC Purwoekrto

Foto: Wadek 1 FH Dr. Tedy Sudrajat, Dr.Abdurrohman, Hadi Suseno, Noor Asyik, M.Ag.  

Purwokerto, 18 November 2022 – Fakultas Hukum Unsoed yang bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Purwokerto menyelenggarakan kegiatan prakstisi mengajar dengan topik yang diangkat adalah “Perbankan Syariah”. Program ini dilaksanakan pada hari Jumat 18 November 2022 pukul 08.30 WIB bertempat di Aula Gedung Yustisia 3 bersama Hadi Suseno selaku Branc Manager Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto yang diikuti oleh 220 peserta mahasiswa yang mengambil Matakuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Peserta yang ikut hadir bukan hanya terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum, melainkan hadir juga  beberapa mahasiswa dari fakultas seperti Fakultas Pertanian karena tertarik dengan tema  yang di sampaikan.

Program Praktisi Mengajar bersama Bank Syariah Indonesia KC Purwokerto merupakan program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek untuk Perguruan Tinggi  yang dalam kegiatan ini di laksanakan oleh Bagian Dasar-Dasar Ilmu Hukum (DDIH) Fakultas Hukum Unsoed yang di ketuai oleh Drs. Noor Asyik, M.Ag. Program serupa juga telah dilaksankan dari bagian-bagian lainnya. Kesediaan berpartisipasi dari mitra dalam program ini tidak hanya memperlihatkan kepercayaan pada aspek kelembagaan Fakultas Hukum Unsoed, melainkan lebih penting lagi merupakan partisipasi nyata dari mitra untuk turut membangun pendidikan tinggi di Indonesia yang lebih baik.

Program Praktisi mengajar diadakan sebagai optimalisasi akademik bagi mahasiswa dengan tujuan memberikan pengalaman ilmu lebih yang tidak di dapatkan selama perkuliahan berlangsung. Dalam kegiatan Praktisi mengajar yang mengangkat tema perbankan syariah ini dilselenggarakan dengan harapan memberikan pemahaman yang jelas terhadap perbankan syariah sebagai instrumen pendorong ekonomi nasional kepada mahasiswa yang merupakan elemen penting memajukan bangsa.

Dr. Abdulrohman, M.A. sebagai pengampu mata kuliah  PAI, dalam pembukaannya mengawali kegiatan ini, program Praktisi mengajar yang membahas tentang Perbankan Syariah merupakan kolaborasi aktif dengan stakeholder nasional dengan tujuan utama yaitu memberikan pemahaman yang dalam mengenai ekonomi secara khusus yaitu perbankan syariah dalam rangka melaksanakan upaya peningkatan pertumbuhan  ekonomi nasional.

Dalam proses kegiatan Praktisi Mengajar yang di moderatori oleh Lukman Hakim mahasiswa angkatan 2022, ini ada beberapa topik pembahasan yang disampaikan antara lain pengertian perbankan syariah, operasionalisasi perbankan syariah, dan landasan ekonomi syariah. Berbeda dengan kuliah pada umumnya, dalam program ini selain peserta dibekali materi mengenai perbankan syariah, peserta juga diajarkan praktek dari operasionalisasi perbankan syariah.

Pada saat sesi tanya jawab salah seorang peserta menanyakan tentang faktor yang menyebabkan masyarakat Muslim di Indonesia yang mencapai 80%  dari total 276 juta jiwa, baru 23 juta masyarakat yang menggunakan produk bank syariah, hal ini dilandasi banyak faktor salah satunya ketidakpahaman masyarakat terhadap operasionalisasi perbankan syariah karena kurangnya literasi masyarakat Indonesia, sehingga Bank Syariah Indonesia (BSI) selalu berupaya untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai sistem operasional perbankan syariah khususnya Bank Syariah Indonesia (BSI)”, jawab Hadi Suseno selaku praktisi.

Bank Syariah Indonesia (BSI) juga telah bekerjasama dengan Unsoed dalam melayani pembayaran UKT mahasiswa Unsoed. Kegiatan ini diakhiri dengan apresiasi oleh Hadi Suseno kepada peserta karena antusias selama mengikuti kegiatan dan Hadi Suseno juga memberikan hadiah kepada beberapa peserta aktif selama kegiatan berlangsung. (Lukman Hakim)

Posted in Berita, News