Menu Tutup

Laboratorium FH Unsoed Menggelar Sosialisasi Bersama Komisi Kejaksaan Republik Indonesia

Laboratorium FH Unsoed Menggelar Sosialisasi Bersama Komisi Kejaksaan Republik Indonesia

Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KKRI) merupakan lembaga negara yang didirikan oleh Presiden melalui Perpres No. 18 Tahun 2005 yang kemudian diubah menjadi Perpres No. 18 Tahun 2011 dalam rangka meningkatkan kinerja Kejaksaan Republik Indonesia. Peningkatan kinerja dimaksud dilakukan dengan metode pengawasan yang obyeknya adalah Jaksa, Pegawai Kejaksaan, dan Lembaga Kejaksaan yang meliputi perilaku di dalam maupun di luar tugas kedinasan ataupun kondisi organisasi Kejaksaan. Keberadaan KKRI (atau beberapa media menyebutkan Komjak) merupakan sarana penguatan partisipasi masyarakat terhadap tuntutan rasa keadilan dalam pelaksanaan tugas penuntutan ataupun pelaksanaan prinsip dominus litis yang diselenggarakan oleh Kejaksaan. Menyikapi hal tersebut, Laboratorium FH Unsoed menggandeng KKRI untuk menyampaikan sosialisasi tentang tugas dan fungsi serta capaian kinerja Komisi Kejaksaan RI.

Gelaran sosialisasi ini berlangsung Selasa 16 Agustus 2022 bertempat di Hotel Aston dan dihadiri oleh Bapak Bambang Widarto, S.H., M.H. selaku Komisioner merangkap Sekretaris KKRI. Narasumber Panelis dalam sosialisasi ini dipercayakan kepada Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor Unsoed Bidang Umum dan Keungan yang juga merupakan Ketua Pusat Kajian Kejaksaan Di Bidang Restorative Justice, adapun bertindak sebagai moderator adalah Dr. Abdul Azis Nasihudin, S.H., M.H., M.M. Dekan FH Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan yang diinisiasi Laboratorium FH Unsoed dan menyambut baik hubungan kerja sama kelembagaan dengan KKRI, semoga kerja sama ini terus berlanjut dan bersinergi dengan penyelenggaraan Program Magang MBKM.

Topik paling menarik dalam sosialisasi ini berkaitan dengan capaian KKRI, diantaranya penanganan lapdu, penegakan hukum kasus-kasus korupsi yang besar, implementasi restorative justice, penggunaan IT dalam pelayanan publik, sinergitas kerja, dan kepercayaan dan kepuasan publik terhadap institusi terus meningkat di tahun 2021. Puncak capaian kinerja ini ditandai dengan dukungan penuh penguatan institusi melalui Revisi Undang-Undang Kejaksaan, hampir semua rekomendasi KKRI telah ditindaklanjuti Jaksa Agung baik dengan terbitnya Peraturan Jaksa Agung (Perja), Surat Edaran Jaksa Agung (Seja), Instruksi Jaksa Agung, ataupun Pedoman Kejaksaan.

Dr. Sri Wahyu Handayani, S.H., M.H. selaku Ketua Laboratorium FH Unsoed menyampaikan bahwa gelaran sosialisasi KKRI ini merupakan tupoksi Laboratorium untuk menjalin kerjasama kelembagaan di tingkat nasional dalam rangka penguatan aspek SDM dari sivitas akademika FH Unsoed. Gelaran sosialisasi ini sekaligus launching Kepengurusan Laboratorium FH Unsoed yang diresmikan Juli 2022. Selanjutnya kepengurusan baru Laboratorium FH Unsoed ini akan menggelar berbagai kegiatan-kegiatan lainnya yang relevan dengan peningkatan kapasitas sivitas akademika dalam rangka mendukung tercapainya visi dan misi FH Unsoed.

Maju terus FH Unsoed.

Posted in Berita, News