Menu Tutup

Bikohuma Fakultas Hukum Unsoed Raih Juara 2 Kompetisi Mediasi Tingkat Nasional

Bikohuma Fakultas Hukum Unsoed Raih Juara 2 Kompetisi Mediasi Tingkat Nasional

 

Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Mahasiswa (Bikohuma) Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil meraih juara 2 Kompetisi Mediasi Tingkat Nasional, Piala Ketua Mahkamah Agung 2022, Tarumanagara Law Fair IV. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara hasil kerja sama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada tahun ini Tarumanagara Law Fair IV diselenggarakan tanggal 20 – 22 Mei 2022 dengan mengangkat tema “Optimalisasi Prinsip Strict Liability dalam Alternatif Penyelesaian Sengketa Melalui Mediasi”.

Adapun Delegasi Tim Mediasi Bikohuma Fakultas Hukum Unsoed terdiri dari Shane Evelina (E1B018017), Sekar Melati Widyaningtyas (E1A018152), Putri Millenia Raharjanti (E1A018285), Diah Ayu Ma’rifatul Jannah (E1A019061), Jovialba Arkan (E1A019237), dan Amanda Cahaya Pramudita (E1B018021) sebagai official, serta dibimbing oleh Drs. Antonius Sidik Maryono, S.H., M.S. bersama Tim Pusat Prestasi Mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed.

Kegiatan ini berbentuk Kompetisi yang terdiri atas 3 (tiga) babak, yaitu Babak Seleksi Berkas, Babak Penyisihan dan Babak Final. Peserta dari berbagai universitas akan saling berkompetisi mengenai kasus posisi yang telah disiapkan sebelumnya. Pada Babak Penyisihan kasus posisi terkait asuransi kesehatan, sedangkan pada Babak Final kasus posisi terkait leasing dan industri pesawat terbang. Kegiatan ini diawali dengan seleksi berkas yang diikuti oleh 15 perguruan tinggi di Indonesia, kemudian para delegasi mengirimkan Berkas Penyisihan yang meliputi kelengkapan dokumen beracara sesuai ketentuan dari lembaga penyelesaian sengketa mediasi dalam kasus posisi, kemudian dipilih 12 delegasi untuk mengikuti Babak Penyisihan berupa simulasi mediasi yang dibagi ke dalam empat chamber yang masing-masing pemenangnya akan melaju ke Babak Final. 

Adapun 15 perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam kompetisi ini, yaitu Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Lampung, Universitas Islam Indonesia, Universitas Jember, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali, Universitas Sultan Agung Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda, Universitas Panca Bhakti Pontianak, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Syiah Kuala, Universitas Terbuka, Universitas Wijaya Putra. Dalam Kompetisi ini Juara Satu diraih oleh Universitas Lampung, Juara Dua diraih oleh Universitas Jenderal Soedirman, dan Juara Tiga diraih oleh Universitas Islam Indonesia.

Posted in Berita