Sumbangan Alumni, Memperkokoh Sinergi Antara Alumni Dan Fakultas Hukum

Di masa sekarang, peran Ikatan Alumni tidak hanya penting dalam mewujudkan visi & misi suatu Perguruan Tinggi, khususnya dalam kegiatan Akreditasi Perguruan Tinggi. Tapi lebih dari itu, Ikatan Alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi Perguruan Tinggi di mata masyarakat, di samping “membuka jalan” untuk masuk ke dunia kerja atau usaha. Hampir semua Perguruan Tinggi yang “berkualitas” selalu ditopang oleh Ikatan Alumni yang mumpuni pula. Realitas ini pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu lulusan Perguruan Tinggi tersebut. Jadi, alumni adalah aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi.

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman memiliki aktivitas dan hasil kegiatan untuk memajukan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Adapun bentuk partisipasi lulusan dan alumni di tahun 2015 untuk kegiatan akademik dan non akademik adalah:

  • Ikatan Alumni angkatan ’81 memberikan sumbangan berupa karpet senilai Rp. 16.000.000,00.
  • Ikatan Alumni angkatan’86 memberikan sumbangan berupa TV 48 inch yang digunakan sebagai Papan Pengumuman Digital untuk informasi perkuliahan maupun kegiatan mahasiswa.
  • Partisipasi alumni sebagai narasumber dalam kegiatan baik seminar, workshop, maupun pelatihan dunia kerja yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.

Satu hal yang perlu disadari dan menjadi sebuah keniscayaan, semua mahasiswa yang sukses menjalani masa pendidikan di Perguruan Tinggi pada akhirnya akan menjadi alumni. Artinya, salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni dalam menjalankan peran mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani secara profesional sesuai minat dan kemampuan.

Kerjasama dan sinergi yang harmonis antara alumni dengan Fakultas Hukum Unsoed akan memiliki dampak yang besar bagi pengembangan Institusi Fakultas Hukum Unsoed secara berkesinambungan di masa mendatang.