Menu Tutup

Pacu Kreatifitas Mahasiswa, Fakultas Hukum Selenggarakan Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa

Untuk meningkatkan minat menulis dan meneliti mahasiswa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti membuat Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman sebagai salah satu institusi perguruan tinggi di Indonesia sangat mendukung penuh adanya program tersebut. Langkah awal yang dilakukan Fakultas Hukum adalah memberikan sosialisasi program PKM kepada mahasiswa pada hari Sabtu, 13 April 2013. Acara tersebut diselenggarakan di Aula Justitia 3 Fakultas Hukum UNSOED. Diikuti sekitar 125 mahasiswa, hal ini menjadi bukti tingginya rasa ingin tahu mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED terhadap program PKM. acara sosialisasi tersebut berjalan begitu serius meski sesekali sebagai pembicara Bapak Dr. Saryono, S.Kep.,M.Kep memberikan guyonan dalam penyampaian materi.

    Bertindak selaku pembicara adalah Dr. Saryono, S.Kep.,M.Kep pada sesi pertama dan Tedi Sudrajat, S,H.,M.H pada sesi kedua. Selain memberikan penjelasan mengenai PKM, acara tersebut juga memberikan informasi tentang bagaimana cara menulis dan meneliti yang baik sehingga pengetahuan tersebut tidak hanya berguna saat mahasiswa hendak mengikuti PKM tetapi juga berguna saat mahasiswa mengerjakan Tugas Akhir. Seusai acara tampak beberapa mahasiswa mendiskusikan ide dan gagasannya untuk dituangkan menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang kemudian dapat di ikut sertakan dalam program PKM.

       Tahun ini mekanisme PKM sedikit berbeda. Jika di tahun sebelumnya proposal PKM dikirim dalam bentuk hardcopy, maka di tahun ini pengirimannya dalam bentuk softcopy yakni berformat pdf. Jadi secara keseluruhan, proposal akan dikirim oleh staf kemahasiswaan UNSOED secara online melalui http://simlitabmas.dikti.go.id. Selain itu, tahun ini juga adanya peningkatan dalam pemberian dana hibah PKM, yang sebelumnya maksimal Rp. 10 juta, kini maksimal menjadi Rp. 12,5 juta.Banyak saran dan motivasi yang diberikan oleh pemateri kepada peserta kegiatan. Diharapkan mereka dapat berpartisipasi dengan sungguh-sungguh dalam kegiatan PKM hingga sampai pada tahap PIMNAS. Dengan adanya Sosialisasi Pembimbingan PKM ini, dosen dan mahasiswa diharapkan bisa saling mendukung kemajuan masing-masing pihak, sekaligus menguatkan posisi universitas di masyarakat. (Hans)

Posted in Berita