Menu Tutup

Sosialisasi Zakat oleh BAZDA Kabupaten Banyumas

Rabu, 1 Agustus 2012 bertempat di Aula Justitia 3, Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman, diadakan acara sosialisasi Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) yang menghadirkan Kepala Divsi Pengumpulan BAZDA Kabupaten Banyumas Drs. H. Anies Fahrudin sebagai narasumber sekaligus sosialisasi zakat. Hadir pada acara tersebut adalah Karyawandan Dosen Fakultas Hukum UNSOED yang berjumlah kurang lebih 100 orang.
Pada acara tersebut, Kepala Divsi Pengumpulan BAZDA Kabupaten Banyumas menyatakan bahwa ibadah zakat akan terasa lebih nikmat dilakukan jika pendekatannya adalah kebutuhan, bukan semata-mata kewajiban. Karena kalau hanya pendekatan kewajiban saja yang menjadi tolak ukur, maka akan terasa berat. Beliau juga menyampaikan realisasi program Bazda Kabupaten Banyumas antara lain :
1.     Beasiswa SD, SMP, SMA
2.     Bedah Rumah
3.     Modal Usaha
4.     Pelatihan (berbagai macam keterampilan)
5.     Bantuan Langsung Sembako
Zakat pada hakikatnya adalah ibadah yang membentuk karakter manusia yang unggul. Yaitu akan meningkatkan etos kerja (aktif-produktif, tidak malas, meninggalkan perbuatan yang tidak ada manfaatnya) dan etika kerja (hanya mau mencari rezeki yang halal). Serta akan meningkatkan kecerdasan emosional, spiritual, sosial dan intelektual.
Terkait  zakat profesi, yaitu zakat yang berkaitan dengan profesi atau keahlian kita yang dapat dilakukan secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Cara menghitung zakatnya adalah 2,5% x penghasilan brutto. Demikian pesan yang tersampaikan dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam tersebut. (MH)
Posted in Berita