Menu Tutup

MEMAKNAI MPR SEBAGAI LEMBAGA KEDAULATAN RAKYAT KINI DAN PROSPEKNYA DI MASA DEPAN

Dosen bagian HTN FH UNSOED selenggarakan webinar Alumni Talk #1

Kamis, 27 Oktober 2022 Dosen Bagian Hukum Tata Negara menyelenggarakan acara Alumni Talk untuk pertama kali dengan tema tema Memaknai MPR sebagai Lembaga Kedaulatan Rakyat Kini dan Prospeknya di Masa Depan dengan Narasumber alumni-alumni terbaik Fakultas Hukum Unsoed, Prof. Dr. Ma’ruf Cahyono yang saat ini menjabat sebagai sekjen MPR RI, Dr. Riris Ardhanariswari, S.H., M.H., selaku dosen Hukum Tata Negara yang juga merupakan alumni FH Unsoed Angkatan 1991 serta Manunggal K. Wardaya, S.H., LL.M, Ph.D selaku pemantik diskusi sekaligus Ketua Bagian HTN.

Webinar Alumni Talk diikuti oleh kurang lebih 350 orang peserta yang berasal dari berbagai profesi mulai dari pengaj, dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Alumi Talk ini mendiskusikan  mengenai Prospek MPR sebagai Lembaga Kedaulatan Rakyat, dalam argumennya Ma’ruf Cahyono mengatakan bahwa konsistensi MPR dalam peranannya sebagai Lembaga yang berdaulat salah satunya terdapat dalam sidang Tahunan MPR, “Sidang Tahunan MPR itu bukan sekedar acara  seremonial.  Sangat esensial, forum ketatanegaraan yang diselenggarakan untuk menjalankan prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat. Sidang Tahunan MPR adalah implementasi dari kedaulatan rakyat,  sidang tahunan MPR memberi fasilitas kepada pemegang kedaulatan rakyat tujuannya dalah akuntabilitas rakyat.“ tandasnya. Cenderung  sependapat dengan Ma’ruf Cahyono, dalam akhir paparannya, Riris Ardhanariswari menambahkan  “MPR merupakan implementasi dari kedaulatan rakyat melalui Lembaga Perwakilan yang mewakili rakyat, daerah dan golongan. Sehingga menurutnya perlu adanya UU Khusus yang mengatur mengenai MPR”, imbuhnya.

Pada sesi akhir acara, Moderator yang sekaligus Ketua penyelenggara webinar alumni Talk, Manunggal K. Wardaya menyampaikan agar acara Alumni Talk ini  dapat dilanjutkan secara berkala pada kesempatan selanjutnya baik melalui daring maupun luring dengan mendiskusikan kajian-kajian tata negara. Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi tradisi pada bagian HTN Fakultas Hukum Unsoed untuk menyebarkan manfaat secara meluas sekaligus wadah silaturahmi sebagai alumni.

Posted in Berita