Menu Tutup

LOMBA DEBAT LKHS 2011

Untuk mewujudkan Nuansa Intelektual dan Keilmuan di Fakultas Hukum UNSOED, UKM LKHS (Lembaga Kajian Hukum dan Sosial) kembali mengadakan Lomba Debat LKHS (LDL) yang bertema “Beragumentasi, Ciptakan Nuansa Kampus Kritis Dan Ilmiah” yang diselenggarakan pada tanggal 23-24 Desember 2011 di Gedung Yustitia Fakultas Hukum UNSOED. Tujuan pada Lomba Debat LKHS ini yaitu untuk menciptakan serta meningkatkan kemampuan berfikir kritis, dan meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan dan mempertahankan argumen atau ide secara lisan.  
 
Peserta LDL ini terdiri dari delapan kelompok, di babak penyisihan dengan topik pembatasan jumlah parpol peserta pemilu, efektifitas LP terhadap tujuan pemidanaan. Semi final, perstujuan anak dalam perceraian, larangan peralihan pajak dari produsen kepada konsumen. Tema Perebutan juara tiga yaitu Judicial review UU MK. Dan untuk babak final, topik yang menjadi perdebatan adalah pembubaran PBB.
 
Sebelum memasuki penyisihan menjadi delapan kelompok terbaik, dilakukanlah penyeleksian melalui esai. Adapun alasan panitia menggunakan metode esai dalam penyeleksian adalah harapan dari panita agar para peserta yang berhasil masuk ke babk penyisihan adalah para peserta yang ideal. Ideal yang dimaksud adalah pola berpikir secara sistematis dalam penyampaian argumentasi dalam lomba debat. Terkait dengan pola berpikir secara sistematis tersebut, tentu kita dapat sangat mudah melihatnya apabila digunakan suatu karya tulis. Dalam hal jenis karya tulis yang digunakan, akhirnya panitia menjatuhkan pilihan kepada esai, karena pola penyusunan esai relative lebih mudah daripada karya tulis lainnya seperti makalah.  
 
Adapun para pemenang dalam lomba debat LKHS ini adalah Tim Dimas, Diki, dan Yudi sebagai juara tiga. Tim Firman, Eby, dan Faisal sebagai juara kedua dan Tim Eliz, Fauzy, dan Tiara sebagai pemenang juara pertama.
 
Harapan dalam kegiatan ini adalah terwujudnya nuansa kampus yang kritis dan ilmiah di Fakultas Hukum UNSOED. Disinilah wujud kepedulian yang dilakukan oleh LKHS terhadap almamater kampus merah karena LKHS merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang konsisten pada gerakannya sejak delapan belas tahun lalu untuk menumbuh kembangkan iklim intelektual dan keilmiahan baik di lingkungan internal maupun eksternal Fakultas Hukum UNSOED.
 
Besar harapan LKHS agar para peserta yang telah melewati proses LDL mau dan mampu untuk melanjutkan pengalamannya di lomba debat yang tingkatannya nasional seperti Lomba Debat Konstitusi atau lomba debat lainnya yang diselenggarakan oleh universitas-universitas lainnya.
 

Salam Ilmiah! 

Posted in Berita