Menu Tutup

Fakultas Hukum UNSOED sabet Juara Satu Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional

Tim Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman yang diwakili oleh mahasiswa Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum Mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED berhasil meraih juara satu dalam Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional “Piala MCC Bulak Sumur” pada tanggal 9-12 November 2012. Kasus hukum yang diangkat adalah kasus Perdata dengan tema “Mengedukasi Mahasiswa Fakultas Hukum di Indonesia dalam Bidang Keperdataan, untuk Meningkatkan Pemahaman sebagai Calon Penegak Hukum.” Kompetisi ini diselenggarakan di dua tempat, yaitu Pengadilan Negeri Sleman untuk babak penyisihan, dan Kampus Fakultas Hukum UGM untuk babak final.

Tim Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman mengalahkan Delapan tim dari Sembilan tim yang berpartisipasi dalam Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional “Piala MCC Bulak Sumur” yaitu Univeristas Bhayangkara Surabaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya Jakarta, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Panca Bhakti Pontianak, dan Universitas Tarumanegara. Selain itu, dalam kompetisi tersebut juga diikuti tiga observer dari Universitas Al Azhar Jakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Surya Kencana Cianjur.

Drs. Antonius Sidik Maryono, SH, MS selaku PD III Fakultas Hukum UNSOED menjelaskan bahwa tim FH UNSOED berangkat dengan kepercayaan diri tinggi untuk memperoleh gelar juara. Persiapan tim untuk mengikuti kompetisi ini kurang lebih dua bulan disertai dengan riset yang mendalam. Hal inilah yang menurut Antonius menjadi modal berarti untuk maksimalkan materi sidang yang dibawakan.

Sementara itu Dekan Baru Fakultas Hukum Unsoed Dr. Angkasa, SH, M.Hum, mengucapkan selamat dan merasa puas dengan hasil yang diraih tim tersebut. Hasil yang diraih menjadikan kebanggaan bagi almamater FH UNSOED.

Babak penyisihan dilaksanakan di Pengadilan Negeri Sleman, dengan mempersidangkan kasus perjanjian kredit perbankan yaitu tentang kredit macet. Di penyisihan dibagi dalam tiga pul dimana pada masing-masing pul diikuti tiga delegasi yang akan melakukan aksi persidangan tentang kredit macet. Di babak final mempersidangkan kasus penyesuaian harga dalam kontrak konstruksi yang digelar di Fakultas Hukum UGM. Selain meraih juara satu, tim FH UNSOED juga berhak atas beberapa penghargaan lainnya, yakni Kuasa Hukum Terbaik, Panitera Terbaik dan Saksi Terbaik dalam Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional “Piala MCC Bulak Sumur”. (Hans)

Posted in Berita