Menu Tutup

Fakultas Hukum Unsoed gelar Kuliah Umum: Penegakan Hukum Lingkungan Bersama Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H.

Isu tentang lingkungan merupakan isu yang relatif berkembangan seiring dengan perubahan iklim sebagai dampak globalisasi dan industrialisasi. Fakultas Hukum Unsoed mengambil peran terhadap isu ini melalui peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang penegakan hukum lingkungan, yang dikemas dalam kuliah umum. Kuliah umum ini diisi oleh Prof. Dr. Ir. Irwansyah, S.H., M.H. yang berasal dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, beliau merupakan akademisi yang memiliki konsentrasi hukum lingkungan dan konsisten mempublikasikan pemikiran-pemikirannya di jurnal-jurnal bereputasi baik pada skala nasional ataupun global.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum menyampaikan isu lingkungan relatif berkembangan seiring terjadinya perubahan iklim, seperti perubahan dari musim penghujan menjadi musim kemarau maka biasanya akan muncul juga berbagai persoalan lingkungan yang variatif. Kehadiran beliau akan mengupas secara komprehensif tentang berbagai aspek problematika penegakan hukum lingkungan apakah pada aspek regulasi atau aspek kelembagaan. Suatu kebanggan bagi Fakultas Hukum Unsoed ketika Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H. yang sangat kompeten di bidang hukum lingkungan dapat berbagai ilmu pengetahuannya kepada kita semua.

Sebagian pemikiran yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Irwansyah, S.H., M.H. adalah penegakan hukum lingkungan berbasis multydoor system. Sistem ini didesain agar penegakan hukum lingkungan dilaksanakan dengan kerja sama antar lembaga, sebagai contohnya kasus kebaran hutan di Riau yang ditanggulangi dengan berbagai pendekatan perundang-undangan. Kasus tersebut ditanggulangi oleh berbagai institusi berdasarkan beberapa regulasi karena permasalahannya bersifat multi aspek, seperti Undang-Undang Kehutanan, Undang-Undang Perlidungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Undang-Undang Pencegahan dan Pemberatasan Tindak Pidana Pencucian Uang, dan Undang-Undang Pajak.

Sesi tanya jawab dalam kuliah umum ini berjalan secara antusias melalui beragam pertanyaan. Fakultas Hukum Unsoed berkomitmen secara konsisten menyelenggarakan kegiatan sejenis dalam rangka meningkatkan memberikan pelayanan akademik yang optimal bagi mahasiswa, terutama menjadi bagian dari gerakan meningkatkan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Maju Terus Pantang Menyerah, Fakultas Hukum Unsoed!

Posted in Berita