Menu Tutup

Fakultas Hukum Unsoed Gelar International Conference On Law, Governance and Social Justice

International Conference on Law, Governance and Social Justice (ICOLGAS) kedua di gelar oleh Fakultas Hukum Unsoed pada tanggal 3 – 4 November 2020 yang berlangsung secara luring dan daring serta di siarkan langsung oleh BMS TV. Gelaran yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, berlangsung meriah dan penuh antusias dari peserta seminar internasional.
Dr. Kuat Puji Prayitno SH.,M.Hum. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada keynote speaker, pembicara undangan dan seluruh peserta yang hadir pada konferensi internasional. “Konferensi yang menyediakan wadah bagi para sarjana, peneliti dan praktisi untuk berbagi ide, hasil penelitian dan pengalaman dalam menghadapi isu terkini tentang hukum, pemerintahan dan keadilan sosial. Semoga konferensi ini menghasilkan hasil yang bermanfaat khususnya di bidang hukum”,

Ketua panitia Dr. Tedi Sudrajat, SH., MH mengatakan dalam konferensi internasional yang kedua ini, tiga isu yaitu hukum, pemerintahan dan keadilan sosial harus dikolaborasikan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Karena hukum tanpa digerakkan oleh peran pemerintah mustahil keadilan sosial bisa terwujud.

Kegiatan ini diikuti oleh 457 partisipan. Tercatat sejumlah 176 artikel terpilih yang akan di presentasikan ke dalam 9 (Sembilan) topik, yaitu International Law, Social Justice And Human Rights, Constitutional Law, Administrative Law, Criminal Law And Criminal Justice System, Specific (Pandemic Issue), Business And Commercial Law, Law And Public Policy Dan Legal Protection. Luaran dari artikel tersebut akan dipublikasikan ke mitra publikasi penyelenggara, baik di Jurnal Internasional Bereputasi, Jurnal Nasional maupun proceeding atlantis press.

Seminar internasional kali ini menghadirkan 7 (tujuh) pembicara yaitu : Dr. Jaja Ahmad Jayus, SH., M.Hum, Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia 2015-2020 sebagai Keynote Speaker yang menyampaikan pidatonya tentang Komisi Yudisial Dalam Tatanan Hukum dan Akses Terhadap Keadilan. Prof. Dr.Thomas Schmitz, DAAD Lecturer at Universitas Gadjah Mada and Adjunct Professor at the University of Göttingen, Germany, yang menyampaikan isu pandemi dan perbandingan hukum mengenai COVID-19 response and human rights – comments from the German and European perspective. Kemudian Prof. Dr. Nazura Abdul Manap, Universiti Kebangsaan Malaysia, yang menyampaikan isu hukum tentang Copyright Tribunal in Malaysia. Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc., Universitas Jenderal Soedirman, menyampaikan materi tentang Global Governance and Justice of The Wolrd Trade System: Indonesian Perspective;