Menu Tutup

Dosen Fakultas Hukum mewakili UNSOED dalam Training of Trainers (ToT) Lemhannas RI

 Lemhannas RI melaksanakan kegiatan Training of Trainers (ToT) 2012 di Gd. Dwiwarna Lt. 1. Lemhannas RI pada Senin (24/9/2012) pukul 08.00 WIB dengam mengambil tema Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan di Lingkungan Lemhannas RI Tahun 2012. Acara yang ditujukan bagi Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji dan Tenaga Profesional tersebut dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A. dan dihadiri oleh Wakil Gubernur, Sekretaris Utama dan Para Pejabat Struktural Lemhannas RI. Kegiatan Training of Trainers ini berlangsung selama 5 (lima) hari, dari tanggal 24 – 29 Spetmber 2012. H.M. Isplancius, SH, M.Hum Dosen Fakultas Hukum UNSOED mewakili UNSOED dalam Training of Trainers (ToT) Lemhannas RI Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat menyamakan persepsi tentang bahan dan metode pengajaran di Lemhannas RI.

“Sekarang TOT ini khusus untuk dosen dan durasinya satu minggu saja, karena menurut Gubernur Lemhannas nanti-nanti banyak kalangan perlu ditatar misalnya orang-orang media, bahkan para politikus dan tak lupa juga adalah pengusaha. Menurut survey penceramah atau penatar yang lebih dipercaya karena tidak mewakili kepentingan sektoral adalah Dosen Perguruan Tinggi. Jadi berkumpullah 86 dosen dari 20 universitas baik jabotabek maupun dari daerah, sementara hanya sumatera dan Jawa saja.” Ungkapnya kepada Tim Perencanaan dan Sistem Informasi Fakultas Hukum UNSOED.

Training of Trainers (ToT) membahas mengenai 4 konsensus dasar atau kalangan lain menyebutnya 4 pilar, yaitu Pancasila, UUD45, NKRI dan Bineka Tunggal Ika. “Memang ditengarai banyaknya konflik sekarang ini internal maupun external, sangat mungkin membahayakan kondisi  kesatuan negara kita, juga diperkuat adanya isu penggantian ideologi pancasila dengan ideolgi lain”. Ujarnya.

Keikutsertaan Isplancius dalam Training of Trainers (ToT) Lemhannas RI merupakan Follow up dari adanya MoU atau penandatanganan nota kesepahaman antara UNSOED dan Lemhanas pada Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-49 UNSOED . Yang mempunyai tujuan agar dapat menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan keteladaan kepada seluruh Dosen di Universitas Jenderal Soedirman. (Hans)

Posted in Berita