Menu Tutup

Center for Detention Studies (CDS) gandeng Fakultas Hukum Unsoed dalam meningkatkan kualitas layanan Lembaga Pemasyarakatan

   Sistem Pemasyarakatan yang telah lahir 50 tahun yang lalu, tak dapat dipungkiri masih ada kekurangan dan banyak persoalan dalam pelaksanaan. Untuk menjawab berbagai persoalan yang ada itulah, Seminar dan Sosialisasi Pedoman Pemantauan Eksternal bagi Untuk Petugas Pemasyarakatan dan Pelatihan Relawan Pemantauan dilaksanakan. Seminar dilaksanakan di Hotel Santika Purwokerto, Rabu 16 April 2014. Dan dilanjutkan Sosialisasi Pedoman Pemantauan Eksternal bagi Petugas Pemasyarakatan dan Pelatihan Relawan Pemantauan selama 2 hari. Seminar dan Sosialisasi Pedoman Pemantauan Eksternal bagi Petugas Pemasyarakatan dan Pelatihan Relawan Pemantauan ini merupakan kerjasama Fakultas Hukum Unsoed dengan Center for Detention Studies dan didukung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan serta The Asia Foundation.

        Hadir sebagai narasumber, Dekan Fakultas Hukum Unsoed Dr. Angkasa, S.H.,M.Hum yang memberikan paparan dengan tema ” Tantangan dan Problematika dalam mendukung Pelaksanaan Teknis Pemasayarakatan “, Pembicara Kedua Bambang Sumardiono, Bc.IP., S.H.,M.M , membawakan materi ” Keterbukaan Kemasayarakatan dalam upaya peningkatanm pelayanan publik “, serta Deputi Direktur Program Center for Detention Studies (CDS) Gatot Goei yang memberikan materi dengan tema ” Peran Masyarakat dalam mendukung Pelaksanaan Teknis Pemasyarakatan “.

       Seminar dan Sosialisasi ini dibuka oleh Drs. Heri Yunianto, Bc.IP, S.H.,M.H selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Ketua Panitia Seminar dan Sosialisasi Pedoman Pemantauan Eksternal bagi Untuk Petugas Pemasyarakatan dan Pelatihan Relawan Pemantauan Dr. Setya Wahyudi, S.H.,MH menyampaikan bahwa Tujuan kegiatan ini secara umum, untuk mebangun kesadaran hukum masyarakat terhadap isu pemasyarakatan sekaligus pentingnya keterlibatan masyarakat dalam kemajuan pelaksanaan system pemasyarakatan. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan tercipta gagasan baru untuk mendorong system penguatan Lembaga pemasyarakatan dalam system peradilan pidana dan pemberdayaan narapidana.

Posted in Berita